Fakta menarik tentang bahaya merokok(part 1)

Sabtu, 30 Juli 2011


Anda semua pasti tahu dan akrab dengan yang namanya rokok kan? Tahukah para pembaca bahwa rokok adalah barang yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi manusia?
Karena rokok menggerogoti pemakainya dari dalam perlahan2 (like slowly suicide/seperti bunuh diri pelan2).Oleh karena itu saya mengajak para pembaca (yang sudah terlanjur) mengkonsumsi rokok untuk mengurangi atau bahkan meninggalkannya sama sekali karena manfaatnya secara medis tidak ada(malah sangat membahayakan manusia).Berikut fakta2 yang saya ambil dari berbagai sumber(mas2 n mbak2 yang punya data2 lebih banyak monggo ditambahkan) tentang bahaya rokok.

Ok,let's I tell you the story about cigarettes...

- Rokok adalah komoditi perdagangan paling laku di seluruh belahan dunia dengan nilai perdagangan global mencapai lebih dari 400 milyar US Dollar per tahunnya. Wow!! Karena larisnya, maka rokok adalah salah satu dari industri yang paling besar di dunia.

- Kadar nikotin dari berbagai macem merek rokok USA, yaitu merek Camel,Doral dan Newport sudah meningkat sebesar 11 persen, hal ini dilansir oleh Harvard University dan Massachusetts Health Department dalam sutu penelitian mereka tentang rokok antara tahun 1997-2005.

- Tahun 1970,Richard Nixon presiden USA saat itu,menandatangani suatu Undang2 yang mewajibkan pelabelan "warning" pada setiap kemasan rokok saat itu,plus juga memblokir semua iklan rokok yang ditayangkan di televisi. Iklan rokok terakhir yang diijinkan tayang di televisi pada saat itu iklan rokok waktu tahun baru 1971 saja,pada waktu "football" lagi marak2nya di USA.

- Bahan2 kimia yang terkandung di rokok antara lain :

a. Arsen (logam beracun)
b. Formaldehida (beracun)
c. Timbal (logam beracun)
d. Asam sianida (zat mematikan)
e. Nitrogen Oksida (gas beracun)
f. Karbon monoksida (gas mematikan)
g. Ammonia (bahan membuat pupuk urea,yang ironisnya dijadikan salah satu perasa/flavour pada rokok)
h. dan lain2 bahan karsinogen(pemicu kanker).

Ini belum termasuk gas2 yang dihasilkan oleh pembakaran tidak sempurna dari rokok(karena kekurangan oksigen),menghasilkan gas2 yang mematikan manusia jika terhisap paru2.
Dan faktanya sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia,dimana jika terbakar maka dihasilkan sekitar 200 lebih senyawa kimia,kebanyakan dari senyawa2 kimia tersebut menyebabkan kerusakan paru2(lung damage).
Para profesional analitis kimia dan kimia murni pasti tahu betul bahan2 berbahaya diatas jika dikonsumsi manusia.Memang kandungannya kecil(seperseratus dari tingkat toleransi manusia),tapi yang jadi masalah,rokok kan membuat kecanduan,nah kalau semua bahan2 diatas membuat "timbunan zat2 racun" di setiap jaringan tubuh kita bagaimana?
This is really bad,dude !!

- Para ilmuwan mengklaim setiap perokok dapat kehilangan sebanyak 14 tahun potensial dari hidupnya. Ini bukan berarti setiap perokok pasti mati muda,tetapi mereka masih tetap bisa melanjutkan aktifitas hidupnya dengan "normal",walau resiko serangan jantung(cardiac arrest) dan kanker paru2 masih tetap mengancamnya(secara halus).

- Nikotin, zat aktif didalam rokok mencapai sel2 otak kita dalam waktu hanya 10 detik setelah dihisap melalui aliran sel2 darah yang membawa nikotin dari paru2 dan menciptakan "rasa nikmat" pada reseptor syaraf di otak. Kandungan nikotin dapat ditemukan dalam setiap jaringan tubuh perokok dan kandungan Air Susu Ibu(jika yang merokok adalah ibu hamil).

- Faktanya,antara mengkonsumsi rokok reguler atau rokok "mild" alias rokok rendah tar dan nikotin secara keseluruhan mempunyai dampak yang sama berbahayanya.

- Menurut data valid dari Organisasi Kesehatan Dunia(WHO), sebanyak 25% dari keseluruhan rokok yang diperdagangkan di pasar global adalah barang selundupan !!

- Para perokok punya kebiasaan merokok setelah makan karena anggapan bahwa makanan akan dicerna lebih mudah setelah mengkonsumsi rokok, memang benar anggapan mereka tetapi dunia medis memberikan penjelasan bahwa aktifitas metabolisme tubuh dipaksa bekerja lebih keras dari yang semula hanya untuk mencerna makanan berubah menjadi melindungi sel2 darah dan membuang racun2 dari sel2 otak.

0 komentar:

Posting Komentar